Kalender Pendidikan Kota Pekanbaru 2018/2019

4
20834

“Buk Silvi… kapan anak2 ujian? Kapan libur semesternya kira-kira? Saya mau pesan tiket pesawat terbang buk…”

Begitu kira-kira pertanyaan orang tua murid kepada saya. Oleh karena itu saya posting kalender pendidikan Kota Pekanbaru biar bapak ibu wali murid yang budiman bisa memplanning dan mengeksekusi kegiatan bersama anaknya. Selain tentunya untuk menyukseskan strategi proses belajar mengajar di sekolah.

Berikut penulis share Kalender Pendidikan Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 yang telah disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, H. Abdul Jamal, M.Pd.

Sebelumnya, kita uraikan sedikit mengenai kalender pendidikan (Kaldik). Kalender pendidikan suatu pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dalam rentang rentang waktu 1 (satu) tahun ajaran yang mencakup antara lain permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan hari libur.

Kurikulum suatu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang di selenggarakan dengan mengikuti Kaldik setiap tahun pelajaran.

Adapun yang termaktub dalam Kaldik mencakup hal-hal berikut:
  1. Permulaan tahun ajaran, penjabarannya adalah bahwa hal tersebut terkait dengan kapan waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada tiap awal tahun pelajaran pada tiap satuan pendidikan.
  2. Minggu efektif belajar, yaitu jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pembelajaran.
  3. Hari libur ialah waktu yang telah ditentukan untuk tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar (KBM) dan telah tertera/ dijadwalkan di dalam Kaldik. Hari libur tersebut bisa berupa libur jeda semester, libur jeda antar semester, libur hari besar keagamaan, libur hari besar nasional, libur akhir tahun pelajaran dan juga libur hari khusus.
Fungsi Kalender Pendidikan (Kaldik) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
  1. Mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di Sekolah/Madrasah.
  2. Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari libur Sekolah/Madrasah,
  3. Pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran di Sekolah
  4. Pedoman bagi guru untuk menyusun Program Tahunan (Prota), Promes, serta membuat silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan satuan acara pembelajaran.SILAHKAN BAPAK IBU ENCIK PUAN SANAK SAUDARA klik tautan berikut.KALDIK 2018/2019

    Lihat juga:

Kalender Pendidikan  Pekanbaru 2019/2020 Terbaru

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here