Ilustrasi (http://beritatrans.com/cms/wp-content/uploads/2015/03/gambar-kartun-anak-sekolah.jpg)
Ilustrasi (http://beritatrans.com/cms/wp-content/uploads/2015/03/gambar-kartun-anak-sekolah.jpg)

 

 

 

Pekanbaru_ 08122018 Assalamualaikum… Musim ujian sudah mulai tiba, dan aroma soal-soal sudah mulai tercium. Jangan panik, hadapi semuanya dengan berkeyakinan bahwa kita mampu untuk menghadapinya.

Sebagai mantan siswa, sudah lebih berpuluh-puluh mengikuti ujian dan Alhamdulillah hasil akhirnya selalu memuaskan. Mau tau resepnya biar tokcer menghadapi ujian. Berikut RESEP SUKSES UJIAN ala Cekgu Sylvi . Check it out….!!!

Resep Sukses dalam menghadapi Ujian Semester

#1  Mindset Bisa menjadi Juara

Kebanyakan siswa sudah menyerah sebelum berperang. Sudah beranggapan tidak bisa sebelum mencoba melakukan hal apapun. Pola pikir inilah yang terkadang menghambat kita untuk menjadi yang terbaik. So, yakinkan diri bahwa kita BISA dan mampu.

#2 Basmi Emosi Negatif

Kita sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar apalagi saat berhadapan dengan soal-soal. Ditambah lagi, menjelang ujian akan muncul perasaan takut tidak lulus, cemas, khawatir dan stress. Semua itu adalah emosi negatif yang dapat menghambat kesuksesan. So, mulailah mengeluarkan emosi yang positif dengan cara berani, percaya diri, teliti dan santai saja.

#3 Manajemen Waktu Belajar

Salah satu resep sukses yang harus kita miliki adalah disiplin, terutama disiplin waktu. Bijaklah dalam mengatur waktu. Waktu Subuh adalah waktu yang paling baik untuk menghafal dan belajar, karena otak masih fresh. Jangan sesekali menunda waktu belajar untuk hal yang tidak bermanfaat.

#4 Buat Ringkasan Materi Pelajaran

Dengan membuat ringkasan materi pelajaran, maka materi yanng luar biasa banyak bisa dirangkum. Baca dan pahami ringkasan yang kita buat sendiri agar bisa memudahkan memahami materi pelajaran yang diajarkan guru. Jika perlu ditempel di dinding-dinding kamar atau dibawa kemanapun pergi. Ke kamar mandi juga boleh. Ups….!!

Ujian... Siapa Takut?
Ujian… Siapa Takut?

#5 Strategi Mengerjakan Soal

Seperti yang sering saya utarakan ke peserta didik bahwa ada hal penting yang harus kita perhatikan pada saat ujian. Kerjakan soal yang dianggap mudah dan pasti jawabannya. Jangan terlalu berlama-lama pada satu soal yang dianggap sulit. Karena hanya akan membuang waktu saja. Jadi, kerjakan yang diketahui dulu, yang sulit diselesaikan kemudian.

#6 Berdoa dan Minta Restu dari Orang Tua

Kekuatan doa tidak boleh kita kesampingkan. Usaha dan doa harus beriringan. Sebelum ujian, baiknya dibicarakan dengan orangtua dan mohon kepada orangtua untuk mendoakan kita. Terutama diberi kemudahan dalam mengerjakan soal ujian. Jika hasil belajar kita memuaskan, maka ini adalah kado terindah buat orangtua kita.

Jadi, itulah resep sukses ujian ala Buk Sylvi… Tapi, jaman sekolah dulu, buk Sylvi belum ada gadget like zaman now… Jadi, tambahannya manfaatkan gawai sebagai sumber belajar bukan sebagai penghambat kita untuk meraih sukses. SO, KITA BISA…!!!

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here