Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

0
732
Satyalancana Karya Satya
Satyalancana Karya Satya

Satyalancana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya (Sumber: Wikipedia).

Adapun dasar hukumnya adalah sebagai berikut.

  1. UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan
  2. Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2010 ttg. Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

SatyaLancana Karya Satya ini dianugerahkan kepada Pegawai Negeri Sipil, sebagai penghargaan yang dalam melaksanakan tugasnya telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan serta telah bekerja terus menerus sekurang-kurangnya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

 

Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya terdiri dari 3 macam:

  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Bentuk dan warna pita adalah Dasar Biru, dengan lima lajur abu-abu. Sedankan warna medali dapat dibedakan menjadi tiga pula, yakni warna perunggu untuk Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun, warna perak untuk Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun, serta warna emas untuk Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.(*syl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here